Kamis, 26 November 2009

Adu Temu Aplikasi di Yahoo! Open Hack Day

Mbah Gendeng sudah lama tidak melihat dan membaca-baca blog yang berbicara dan ngobrol seputar bisnis online sekalian malam ini mau mencari dan mengutip beberapa berita di internet yang berhubungan dengan ngobrol seputar bisnis online.

Mulai Sabtu (21/11) hingga Minggu (22/11) besok, online portal terbesar di dunia, Yahoo!, menggelar acara khusus bagi para hacker di Tanah Air untuk mengembangkan aplikasi terintegrasi milik Yahoo!.

Acara bertajuk Yahoo! Open Hack Day ini merupakan yang pertama digelar di Asia Tenggara. Dalam jumpa pers di sela-sela acara tersebut, Pontus Sonnerstedt selaku Senior Business Director & Indonesia Lead Yahoo! Southeast Asia mengatakan, acara ini tidak hanya untuk membantu pengembangan teknologi informasi, tetapi juga bisnis online di Tanah Air.

"Open Hack Day merupakan bagian dari strategi Yahoo! untuk memberi kesempatan bagi para pengembang, penerbit, dan pengiklan di Indonesia untuk menciptakan pengalaman situs secara inovatif, relevan, bersifat pribadi, serta membangun bisnis di antara pengguna Yahoo!," kata Pontus.

Head of Yahoo! Development Network kawasan Asia Tenggara Michael Smith menyatakan, Yahoo! tidak dapat bergerak sendiri untuk memenuhi semua keinginan pengguna situs. Karena itu, Yahoo! perlu mengajak para hacker dan pengembang aplikasi untuk turut serta membangun aplikasi yang dapat menjangkau manfaat lebih luas. "Indonesia dapat menjadi bagian penting dalam pengembangan Yahoo!" katanya.

Setidaknya ada 200 hackers yang hadir mengikuti acara ini sejak dibuka pada Sabtu pagi di ruang Mawar Balai Kartini, Jakarta. Mereka mendapat arahan dari Yahoo! Asia Tenggara tentang bagaimana memanfaatkan Yahoo! Application Platform (YAP), Yahoo! Placemaker, Yahoo! Blueprint, dan beragam aplikasi lain yang dikembangkan oleh perusahaan internet asal California, AS, tersebut.

Selama 24 jam berikutnya, mereka secara individu ataupun berkelompok dipersilakan membangun aplikasi web yang terintegrasi dengan layanan Yahoo!. Kalau sedang jenuh atau lelah, peserta boleh rehat sebentar atau bermain PlayStation di ruang sebelah. Pada Minggu, mereka akan mempresentasikan aplikasi karya sendiri tersebut di hadapan peserta lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar